Membuat Search Engine (Mesin Pencari) pada blog Anda

SEARCH ENGINE adalah salah satu fasilitas untuk mencari segala hal yang kita inginkan hanya dengan cara mengetikkan kata kunci (biasa disebut keyword). Fasilitas ini sangat membantu dan mempermudah dalam hal pencarian yang berhubungan dengan kebutuhan kita di internet.
 
KATA KUNCI (keyword) adalah kata atau kumpulan kata yang menjadi kunci atau wakil dari informasi yang akan kita cari. Keyword bisa berupa kata atau kalimat misalnya anda ingin mencari harga sepatu sepakbola terbaru. Mungkin kata-kata berikut bisa menjadi keyword yang bisa anda ketik di SEARCH ENGINE. "sepatu sepakbola";"sepatu terbaru sepakbola";"sepatu termurah";"sepatu keluaran terbaru";"toko sepatu sepakbola"; adan sebagainya.
 
Dalam tulisan kali ini saya ingin menuliskan bagaimana cara MEMBUAT SEARCH ENGINE (MESIN PENCARI PADA BLOG). Caranya sebagai berikut :
 
1.setelah login pada blog anda, tentunya sampai halaman dashboard menuju Tata Letak kemudian pilih Elemen Halaman kemudian disitu ada tulisan Tambah gadget klik link kotak Penelusuran (Baru) seperti gambar dibawah ini :



2.Cara yang kedua dengan cara memasukkan script, yaitu klik Tata Letak kemudian pilih Elemen Halaman, cari tempat untuk meletakkan search engine kemudian cari tulisan Tambah gadget klik link tersebut. selanjutnya pada layar baru yang muncul pilih HTML/Javascript kemudian copy/paste script/kode berikut ini di dalam kolom konten.
<form action="http://blog-anda.blogspot.com/search" method="get"> <input class="textinput" name="q" size="30" type="text"/> <input value="search" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>
 

Ganti blog-anda dengan nama blog yang anda punya misalnya inoa99.blogspot.com. Angka 30 menunjukkan panjang tulisan (text box) semakin banyak angkanya maka semakin panjang textbox-nya atau tulisan yang bisa anda ketik pada mesin pencari.
SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Dolanan Jawa "Menthok-menthok"

Vidi Aldiano, Pupus Kasih Tak Sampai