Simple - Smile - Smart

Tulisan Tegak Bersambung

Menulis Huruf Tegak Bersambung adalah sebuah seni yang bisa menjadikan tulisan menjadi lebih indah dan rapih, biasanya belajar menulis huruf tegak bersambung dimulai sejak di bangku SD, tetapi tetap saja menjadi hal yang sulit karena menulis dengan huruf tegak bersambung memang tidaklah mudah. Agar bisa menulis huruf tegak bersambung dengan mudah, sebelum menulis huruf tegak bersambung, kenalilah huruf – huruf nya terlebih dahulu, baik huruf kapitalnya maupun huruf kecilnya.



Selanjutnya Belajar langsung dengan cara praktek, pelajari dengan cara berlatih menulis huruf – huruf tegak bersambung secara berulang – ulang karena jika sudah terbiasa dan hafal dengan huruf – huruf tegak bersambung, maka menulis kalimat dengan seni ini pun akan sangat mudah. Untuk mengajari anak – anak, gunakanlah alat bantu dengan menggunakan huruf – huruf tegak bersambung yang menyerupai titik – titik atau samar, kemudian menjiplak huruf  tersebut sehingga membentuk abjad tegak bersambung yang jelas. Lakukan latihan ini secara terus menerus agar mereka menjadi mahir, setelah itu minta mereka menulis huruf tersebut tanpa menggunakan alat bantu.

Sebelum menulis, pastikan Anda mengetahui huruf – huru tegak bersambung yang memiliki jambul atau ekor, dan huruf yang memiliki keduanya atau tidak.

Huruf yang memiliki jambul, misalnya b, h, k, l, dan d, t   
Huruf yang memiliki ekor, misalnya g, j, y, p, dan q
Huruf yang tidak memiliki ekor dan jambul, misalnya a, c, e, i, m, n, o, r, s, u, v, w, x,danz 
Huruf yang tidak memiliki keduanya, yaitu f
Huruf – huruf tersebut ditulis pada tepi bawah baris ke tiga pada buku tegak bersambung.

Setelah lancar menulis huruf tegak bersambung di atas, tulis pula huruf kapital tegak bersambung yang juga dimulai dari tepi bawa baris ke tiga, tetapi hampir semua huruf kapital memiliki tinggi yang berbeda – beda. Semua huruf tegak bersambung memiliki tinggi 3 baris kecuali pada huruf G dan J yang memiliki tinggi 5 baris. Baru setelah lancar mulailah untuk menulis kata demi kata, kemudian beralih menjadi sebuah kalimat. Hanya dengan rajin praktek maka dengan sendirinya akan semakin lancar pula menulis dengan tulisan tegak bersambung. 

KLIK DISINI 




7 komentar:

  1. Terima kasih Pa...berguna sekali untuk saya..

    BalasHapus
  2. Akhirnya ketemu juga, mksh, Bang..!!!

    BalasHapus
  3. MAKASIH BGT YA KETEMU JUGA

    BalasHapus
  4. Informasi yang sangat bermanfaat Pak.
    terima kasih informasinya

    BalasHapus
  5. izin co-pas gan buat materi anak2 murid ane

    BalasHapus
  6. Nama font untuk huruf tegak bersambung baku apa sih yah....

    BalasHapus

Tulisan Tegak Bersambung